Agam Raih  Tiga Besar Dalam Penilaian Kinerja Terbaik Dilingkup Pemprov Sumbar

Asisten I Bidang Pemerintahan, Sekretaris Kabupaten ( Sekab ) Agam, Prov Sumbar, Rahman, S. IP.

Padang Baru, MP

Bacaan Lainnya

Asisten I Bidang Pemerintahan, Sekretaris Kabupaten ( Sekab ) Agam, Prov Sumbar, Rahman, S. IP, mengungkapkan, Pemkab Daerag Berlambang, “ Harimau Duduk”, itu, berhasil meraih peringkat tiga besar, dalam Penilaian Kinerja Terbaik dilingkup Pemprov Sumbar, sedangankan secara nasioanal, Agam berada di posisi, 21.

Demikian diungkapkannya menjawab, mediapembangunan.com, ketika ditemui di kediamannya, guna diskusi ringan, Selasa Malam ( 23 / 1 ).

Lebih jauh dijelaskan Rahman, informasi itu didapat berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah ( EPPD ) 2023, dan Agam meraih Skor 3,49.

Menurutnya, hasil dari penilian itu, tercantum dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri ( Kemendagri ) RI, Nomor :  100. 2. 7 – 6646 Tahun 2023, tentang Hasil EPPD.

“ Raihan Skor itu cukup terbilang tinggi, sekaligus perbaikan Skor dibandingkan tahun sebelumnya yang mampu diraih Agam,hanya 2,92 ”, tuturnya.

Dijelaskan Rahman, tahun ini, secara nasional Pemkab Agam berada di posisi ke 21 atau naik sebelas peringkat dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu, di posisi 32 nasional.

“Pencapaian skor tahun ini merupakan raihan terbaik Pemkab Agam, sejak pelaksanaan EPPD 2011 lalu, baik secara skoring maupun peringkat ”, tukuknya.

Lanjut Rahman, untuk tingkat Provinsi Sumbar, tahun ini, Agam bertengger pada posisi tiga terbaik, berada di bawah Kabupaten Pasaman dan Dharmasraya.

Ditambahkan, hasil EPPD itu merupakan, alat ukur utama Pemerintah Pusat dalam menilai serta mengevaluasi kinerja berbagai Pemerintah Daerah ( Pemda )  di Nusantara ini. Di Pemda setiap tahun terhadap 126 indikator, yang ditetapkan lintas kementerian dalam menyelenggarakan fungsi pemerintahan.

“ Hasil ini bakal dijadikan referensi dasar dalam perencanaan Pemkab Agam, pada tahun depan, mana yang dipelihara dan indikator mana yang harus wajib menjadi perhatian serius guna ditingkatkan ”, tutup, Rahman. ( MP.1 )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *