Agam Masih Kekurangan Tenaga Pengajar

Kabid Ketenagaan Disdikbud Kabupaten Agam, Prov Sumbar, Aslim.

Padang Baru, MP

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang ( Kabid ) Ketenagaan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan ( Disdikbud )  Kabupaten Agam, Prov Sumbar, Aslim, mengungkapkan, saat ini daerah berlamabang, “ Harimau Duduk ” itu masih mengalami kekurangan tenaga pengajar ( Guru ).

Demikian diungkapkannya menjawab, mediapembangunan.com, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa ( 30 / 1 ).

Lebih jauh dijelaskan Aslim, Disdikbud Agam, mencatat saat ini jumlah tenaga guru PNS dan  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK  ) ditingkat SD dan SMP sebanyak 4.490 orang.

“ Dari, 4.490 tenaga guru itu, yang berstatus PPPK  sebanyak, 2.020 orang dan PNS sebanyak 2.470 orang ”, tuturnya.

Sementara, jumlah peserta didik yang ada saat ini di daerah berlamabang, “ Harimau Duduk ”. itu, sebanyak 61.364 orang, terdiri dari Peserta Didik  SD sebanyak, 47.769, dan Peserta Didik SMP sebanyak 13.595 orang.

Menurutnya, jika dibandingkan dari jumlah itu, kebutuhan tenaga pengajar dengan jumlah peserta didik, Agam masih belum mencapai kuota ideal.

“ Jumlah kuota idealnya tenaga guru di  Agam,  sebanyak 4.480 orang, sehingga kita masih kekurangan tenaga guru sekitar, 390 orang, dan hal itu belum lagi ditambah dengan jumlah guru yang sudah atau memasuki masa pensiun ”, ujar, Aslim.

Dijelaskan, guna memenuhi kebutuhan tenaga pengajar itu, Disdikbud Agam telah mengajukan permohonan kepada Pemprov Sumbar,  maupun Pemerintah Pusat, agar pada jadwal pengrekrutan selanjutnya, jumlah kuota serta kebutuhan tenaga pengajar di Agam, bisa terpenuhi.

Aslim berharap kedepan, dengan terpenuhinya kebutuhan kuota tenaga guru di Agam, diyakini mampu menambah dan meningkatkan mutu serta kuwalitas pendidikan di “ Luak Agam ”. ( MP.1 )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *