Peserta Didik  SMPN 1 Canduang Sabut Bupati Agam “ AWR ” Dengan  Pidato Adat

Peserta Didik SMPN 1 Canduang, terlihat antusias dan bersamangat menyampaikan Pidato Adat ( Pasambahan ), dalam penyambutan Bupati Agam, ” AWR “, dalam acara pembukaan Gebyar sekolah itu, Rabu ( 31 / 1 ).

Canduang, MP

Bacaan Lainnya

Kedatangan Bupati  Kabupaten Agam, Prov Sumbar, Dr. H. Andri Warman, S. Sos, MM, disambut Peserta Didik SMPN 1 Canduang, dengan Pidato Adat ( Pasambahan ), dalam pembukaan  Gebyar SMPN 1 Canduang, Rabu (31/1).

Seketika terdengar lantunan suara pelajar menampilkan Pasambahan saling bersahutan, dengan berbahasa Minang.

Kepada mediapembangunan.com, salah seorang Peserta Didik SMPN 1 Canduang, Muhammad Jefri, menyebutkan, pasambahan mereka pelajari di sekolah dan saat ini sudah menjadi ekstrakurikuler yang rutin digelar satu kali dalam  sepekan..

“ Guna mengasah serta mempertajam kemampuan, kami  rutin mempelajarinya hapalannya di rumah, bersama kelompok kesenian ”, tuturnya.

M. Jefri, bersama rekan dua orang penampil lainnya, mengaku sangat menggemari pasambahan, yang sudah menjadi budaya turun – temurun bagi orang Minangkabau.

Terpisah, Bupati Agam, yang akrab disapa. “ AWR  “, mengungkapkan, hal itu merupakan  bukti bahwa pengembangan pelajaran Seni Adat Budaya  Minangkabau, di sekolah – sekolah di Agam  sudah berjalan.

“ Kita berharap hal ini terus berjalan serta dikembangkan terhadap peserta didik, sehingga ada regenerasi dalam mengembangkan ilmu Seni Adat Budaya Mingkabau, khususnya Pasambahan ”, ujarnya.

Pemkab Agam,  akan terus mendorong, bagaimana pelajaran ilmu Seni Adat Budaya Minangkabau, agar bisa berkembang menjadi lebih baik dan  dilestarikan generasi muda, terutama para peserta didik.

“ Pengembangan sangat perlu dilakukan dalam membentuk karakter generasi penerus yang lebih baik ”, ucap, “ AWR ”.

Ketiga Peserta Didik SMPN 1 Canduang, yang menampilkan pasambahan itu adalah, Fajri Reynanda, Muhammad Fahri dan Muhammad Jefri.

Tidak lupa pada kesempatan itu, sebagai suport, buat ketiga peserta didik yang menampilkan  Pasambahan itu, “ AWR ” memberika reward berupa, sepatu dan baju merah Puma Ferrary. ( MP.1 )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *