45 ” Wakil Rang Agam ” Dilantik 23 Orang Wajah Baru

Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung,Kabupaten Agam, Prov Sumbar, Fatchu Rochman, SH. MH,  sekaligus  membacakan  ikrar sumpah jabatan seluruh Anggota DPRD Agam, yang baru.

Padang Baru, MP

Bacaan Lainnya

Sebanyak 45 orang ” Wakil Rang Agam ”, ( Anggota DPRD ), Prov Sumbar, periode, 2024 – 2029,    resmi dilantik , di Aula Utama Gedung Dewan setempat, Selasa ( 20 / 8 ), 23 orang diantaranya merupakan wajah baru .

Pelantikan digelar dalam Sidang Paripurna Istimewa, dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung, Fatchu Rochman, SH. MH,  sekaligus  membacakan  ikrar sumpah jabatan seluruh Anggota Dewan yang baru.

Acara Pelantikan  juga dihadiri Gubernur Sumbar, Mahyeldi Asharullah, diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigras, Sumbar,  Ir. Nizam Ul Muluk, Dt. Bandaro Sati, Bupati Agam, Dr. Andri Warman,MM, para Pimpinan Forkopimda Agam Plus, seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Agam, tamu undangan daerah tetangga, pimpinan parpol, tokoh masyarakat, alim ulama serta keluarga Anggota Dewan yang baru dilantik.

Teristimewa turut dihadiri Bupati Agam masa periode, 2000  – 2010, Drs. H. Aristo Munandar, dan Wakil Bupati  Agam, periode 2000  – 2005, H. Syafrudin Arifin., SH.

Dalam pelantikan tersebut, H. Ilham, Lc, MA, dari Partai PKS terpilih menjadi ketua sementara dan Feri Adrianto sebagai wakil ketua sementara dari Partai PAN.

Adapun perolehan kursi DPRD hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Agam, yakni Partai PKS 9 kursi, Partai PAN 7 kursi, Partai Nasdem 6 kursi, Partai Demokrat 6 kursi, Gerindra 5 kursi, Partai PPP 5 kursi, Partai Golkar 4 kursi, Partai PBB 1 kursi, Partai PKB 1 kursi dan Partai Hanura 1 kursi.

Sebelum prosesi pelantikan, hantaran sidang Paripurna Istimewa dibuka, Novi Irwan, kemudian ditutup, Ketua DPRD Agam Sementara, H. Ilham, Lc, MA.

Sidang Paripurna kali ini, juga menandai akhir masa jabatan Anggota DPRD Agam, periode 2019 – 2024.

Dalam sambutannya, Novi  mengungkapkan harapannya agar Anggota Dewan Agam,  periode 2024 – 2029, yang baru dilantik dapat melanjutkan semangat kerja yang telah dibangun selama ini.

Secara pribadi, Ketua DPC Partai Gerindra Agam itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Agam, KPU, Bawaslu, dan Forkopimda Plus serta semua unsur terkait atas dukungan yang diberikan selama lima tahun ini.

Selama masa pengabdian, Anggota DPRD Kabupaten Agam, periode, 2019 – 2024 telah berusaha seoptimal mungkin melaksanakan tugas dan kewajiban dalam menampung aspirasi, ” Rang Agam”, pelaksanaan otonomi daerah merimbas pada perubahan dan perkembangan berbagai lembaga pemerintahan, baik di pusat maupun di daerah.

Dengan berorientasi pada tata pemerintahan yang baik ( Good Goverment ) maka semua dituntut untuk berlaku profesional dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Demikian pula dalam hal politik, ekonomi dan hukum juga merupakan hal yang paling banyak mengalami perubahan karena berbagai tuntutan masyarakat.

Dalam melakukan fungsinya sebagai penampung aspirasi, jelasnya, DPRD Agam juga telah menerima berbagai kunjungan masyarakat, membahasnya dalam rapat Pimpinan Dewan, Rapat Kerja Komisi – komisi kemudian ditindak lanjuti sesuai dengan kesepakatan yang didapat dalam rapat.

“Kami menyadari bahwa tugas sebagai anggota DPRD tidak dapat dijalankan dengan baik tanpa adanya kerjasama yang solid dengan seluruh stakeholder dan masyarakat ”, tutur, Novi.

Sementara itu, Ketua DPRD Sementara, H. Ilham, Lc, MA dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas mandat yang diberikan sebagai ketua DPRD sementara bersama Feri Adrianto, sebagai wakil sementara.

” Sebelum kami melaksanakan tugas yang diamanatkan untuk menjadi Pimpinan sementara DPRD ini, maka perkenankanlah kami mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak, KPUD, Panwaslu, PPK beserta Panitia Penyelenggara Pemilu Kabupaten Agam Tahun 2024 yang telah terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan acara Pemilu Tahun 2024 “, ucapnya.

Tidak lupa pada kesempatan  atas nama Anggota DPRD Agam yang baru, Ilham, juga mengaturkan ucapan terima kasih kepada Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, beserta seluruh jajaran atas dukungan dan kerja samanya sehingga terlaksananya Pemilu tahun 2024.

” Teristimewa ucapan terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada seluruh elemen, ” Rang Agam “, atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami, mulai dari tahapan pencalonan, pemilihan, bahkan sampai dengan pelantikan kami sebagai Anggota DPRD Agam, periode, 2024 – 2029 “, tukuk, Ilham.

Kedepan, Ilham berkomitmen untuk menjalankan amanah yang diberikan sesuai ketentuan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Kepada Pemkab Agam, sebagai mitra kerja, Ilham berharap agar terjalin kerjasama yang baik, sehingga tugas berat yang diemban dapat menjadi ringan dan apa yang menjadi cita-cita dan keinginan bersama dapat terlaksana dan terciptanya pembangunan dalam tatanan kehidupan masyarakat yang berkeadilan.

Terpisah, hal senada juga diharapkan, Gubernur Sumbar, melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigras, Ir. Nizam Ul Muluk, Dt. Bandaro Sati.

Dijelaskan Nizam,  sumpah janji yang diucapakan  Anggota Dewan Agam, akan berusaha untuk mengutamakan kepentingan rakyat dan tidak menggunakan jabatan untuk keuntungan dan kepentingan pribadi. Konsolidasi pasca pemilu sangat penting untuk memperkuat penyelenggaraan pemerintahan ke-depan.

” Pemilu legislatif yang berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 tersebut mencerminkan betapa besarnya harapan seluruh lapisan masyarakat dalam memberikan hak pilih mereka dalam menentukan wakil rakyat pada lembaga-lembaga perwakilan guna membawa daerah ini ke arah yang lebih baik, untuk itu perlu kita rawat dan jaga bersama “, ujarnya.

Lanjut Nizam, hubungan kemitraan antara DPRD dan Pemkab Agam harus tetap berjalan dengan penuh rasa kebersamaan, harmonis dan berkomitmen kuat dalam mencapai tujuan yang sama, yaitu kemajuan daerah secara adil dan merata.

” Kami juga memberikan apresiasi atas kebersamaan yang telah terbangun antara Pemkab dan DPRD Agam periode, 2019 – 2024, dan ucapan selamat atas telah dilantiknya seluruh  Anggota DPRD periode  2024 – 2029, laksanakanlah tugas dan amanah yang telah dipercayakan ‘ Rang Agam ‘ dengan baik, agar keadilan sosial bagi seluruh masyarakat bisa terwujut. Amiiiiin …..! ”, tutup, Nizam. ( * MP 1 * )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *