Kapasitas Daya Tampung TPA Cumateh  Saat Ini Sudah Mencapai 65 Parsen

Plang merek TPA Cumateh, Nagari Pesiapan Sungai jariang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Prov Sumbar.

Agam Sport Center, MP

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup  ( DLH ) Kabupaten Agam, Prov Sumbar, Ir. Afniwirman, mengatakan, saat ini kapasitas daya tampung Tempat Pembuang Akhir ( TPA ), Nagari Persiapan Sungai Jariang, Kecamatan  Lubuk Basung sudah mencapai 65 persen.

Demikian dikatakannya, menjawab, mediapembangunan.com, ketika dihubungi per telepon selularnya, Selasa ( 6 /2 ).

Lebih jauh dijelaskan, Afniwirman, TPA Cumateh, memilki lokasi seluas lebih kurang, 3 hektar, Sikoan itu diperkirakan hanya akan cukup menampung sampah dalam kurun waktu sekitar 2 tahun kedepan.

Menurutnya, rata-rata jumlah sampah yang masuk ke TPA Cumateh, setiap harinya sebanyak 30 ton.

“ Saat ini, TPA Cumateh, tidak hanya  menampung sampah dari  Agam saja, akan tetapi juga menampung sampah berasal dari Kota Bukittinggi ”, tuturnya.

Dijelaskan, Afniwirman, sebelumnya, Pemko  Bukittinggi membuang sampah ke TPA Regional Kota Payakumbuh, akan tetapi karena Sikon TPA itu saat ini tengah mengalami kerusakan akibat bencana longsor, maka Pemko  Bukittinggi mendistribusikan pembuangan sampanya ke TPA Cumateh.

Lanjutnya, jika TPA Cumateh, terus menampung volume sampah dari 2 daerah itu, maka daya tampung TPA  akan cepat penuh dan  Agam akan mengalami Sikon darurat sampah dalam waktu dekat.

“ Terkait hali itu, saat ini DLH Agam, tengah me;lakukan pembahasan dengan pimpinan daerah dan pihak terkait lainnya guna mencari solusi terbaik  persoalan ini dan apakah nanti akan dilakukan pencarian lokasi baru guna dibangun TPA,  atau solusi lainnya ”, ujarnya.

Afniwirman  berharap, persoalan itu segera  bisa segera diatasi, sehingga Agam, bisa terbebas dari persoalan sampah. ( MP.1 )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *